Rabu, 04 Desember 2013

CONTOH BAGAN ALIR


Diantina Puspa Larasati (C1C012001)
Akuntansi A 2012

Contoh Bagan Alir
Bagan alir yang dikembangkan oleh Ashton untuk proses penggajian di S&S, seperti yang dideskripsikan dalam “Contoh Narasi Proses Penggajian“, diperlihatkan di dalam gambar ini:





Bagan alir sistem penjualan di dalam Gambar dibawah ini mewakili proposal Ashton untuk menangkap data penjualan dengan menggunakan terminal-terminal yang modern. terminal tersebut akan mengedit data penjualan dan mencetak tanda terima pelanggan.

Seluruh data penjualan akan disimpan di dalam file data penjualan melalui media disk. Pada akhir hari, data tersebut akan diteruskan ke komputer-komputer S&S, yang akan meringkas data tersebut dan akan mencetak total batch. Total batch adalah jumlah dari nilai numerik barang-barang yang terdapat dalam setiap transaksi yang diproses.
Contohnya adalah nilai total penjualan untuk seluruh transaksi penjualan. Data ringkasan kemudian akan diproses, dan nilai total batch sekali lagi akan dibuat dan dicetak. Nilai-nilai tersebut akan dibandingkan dengan nilai total batch yang dibuat sebelum pemrosesan, dan seluruh kesalahan serta pengecualian akan direkonsiliasi. Database piutang usaha, persediaan, penjualan dan pemasaran, serta buku besar, akan diperbarui. Para pemakai dapat mengakses file kapan saja, dengan menggunakan sistem pemrosesan pertanyaan. Sistem ini akan menghasilkan laporan standar dan memungkinkan pemakai mengakses data yang dibutuhkan untuk suatu analisis khusus.

Bagan alir (Flowchart) program mengilustrasikan urutan proses logis yang dilaksanakan oleh komputer dalam menjalankan sebuah program. Hubungan antara bagan alir sistem dan program diperlihatkan di dalam Gambar dibawah ini.


Bagan alir program mempergunakan serangkaian simbol seperti yang diperlihatkan di dalam “Simbol-simbol Bagan Alir“. Begitu desain disetujui, bagan alir program akan menjadi cetak biru untuk mengkodekan program komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar